Inspirasi

 

Ada yang bertanya, sejauh mana masa lalu mempengaruhi kesuksesan kita di masa depan? Sebelum kita menjawab pertanyaan diatas, kita lihat faktanya saja. Ada orang yang memiliki masa lalu kelam,masa lalu yang pahit, dan penuh kegagalan, namun saat ini mampu meraih sukses. Ada juga orang yang sekarang sukses karena masa lalunya penuh dengan kesuksesan. Sebaliknya juga ada, tidak sedikit orang yang memiliki masa lalu indah dan gemilang namun mengalami keterpurukan saat ini.

Anda sudah bisa menebak jawaban pertanyaan diatas? Ini alasannya. Masa lalu, baik atau buruk, akan meninggalkan kenangan. Baik kenangan indah yang membuat kita semangat. Namun kadang, kenangan indah juga membuat orang terlena. Beruntunglah yang menjadikan kenangan indah sebagai pemicu semangat. Begitu juga, ada orang yang meninggalkan kenangan pahit kemudian dijadikannya sebagai cambuk yang memotivasi dirinya hingga sukses. Namun, tidak sedikit orang yang hilang semangat karena masa lalu yang kelam.

Jadi, terlepas apakah masa lalu kita itu baik atau buruk, yang terpenting ialah bagaimana kita mengambil hikmah kemudian dijadikan sebagai landasan kita untuk melangkah ke depan saat ini. Tidak peduli apakah kenangan itu baik atau buruk, keduanya mengandung hikmah. Selanjutnya, apakah Anda mau memanfaatkan hikmah itu sebagai tindakan saat ini atau tidak?

Kuncinya Ada Pada Saat Ini , bukan masa lalu. Bagimana Anda bersikap dan bertindak sekarang. Bagaimana Anda menyikapi masa lalu kemudian mengambil tindakan untuk menyongsong masa depan. Itulah yang perlu Anda lakukan saat ini atau sekarang: mengambil hikmah dan bertindak. Saya teringat dengan kata-kata W Michell, orang yang sebagian besar tubuhnya pernah terbakar dan hidup diatas kursi roda. Dia mengatakan “It’s not what happens to you. It’s what you do about it.” Ini bukan tentang apa yang terjadi pada Anda. Ini tentang apa yang Anda lakukandengannya.

Fokusnya: apa yang Anda lakukan. Kapan? Ya sekarang. Ada kata-kata yang indah, yang dikatakan oleh baginda Rasulullah saw Aku mengagumi seorang mukmin. Bila memperoleh kebaikan dia memuji Allah dan bersyukur. Bila ditimpa musibah dia memuji Allah dan bersabar. Seorang mukmin diberi pahala dalam segala hal walaupun dalam sesuap makanan yang diangkatnya ke mulut isterinya. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Apa pun yang terjadi di masa lalu, kebaikan atau musibah, keduanya menjadi lahan mendapatkan pahala dari Allah seiringnya perjalanan kisah kehidupan kita..!!

FROZEN “Beku”

Manusia harus menghidarkan dari sikap-sikap yang mengecilkan pribadinya, mungkin ada sebab dari kehidupan pahit masa lalunya yang membuat pribadinya begitu beku dan tertutup.namun tidak semestinya menjadikan alasan untuk tidak membuka diri,tidak ada orang yang dapat memperkaya dirinya tanpa memperkaya orang lain,segera berubah lebih penting dari perubahan itu.

Telah jelas bagi saya sekarang! Suasana hati saya menentukan kualitas dari hasil saya. (Mario Teguh – I Can See Clearly Now) Bila hati kita terus menerus melakukan hal-hal yang tidak kita sukai,maka lambat-laun kita akan membenci diri kita sendiri.maka buanglah jauh jauh kebekuan Anda,maka datangnya keberhasilan tinggal menunggu waktu.

BROKEN “Rusak”

Jika terus menerus berada dalam lingkaran kebekuan,maka hati Anda akan menjadirusak, maka akan timbul perasaan menyalahkan orang lain, menyalahkan alam, dan akan merasa seolah olah hidup ini tidak adil dan tidak berpihak kepada dirinya.

Tidak dibutuhkan air yang banyak untuk menenggelamkan kita. Hanya segelas air, asal masuk mengisi pernafasan kita. Bila Anda sedang merasa terjebak dalam sebuah lubang, berhentilah menggali. (Mario Teguh – Help! Drowing in a Glass Of Water) Bila melihat masalah kita permanen, maka seolah-olah permanen-lah penderitaan kita,jadi mulai sekarang bebaskan diri Anda untuk meraih perubahan menuju kecermerlangan hidup.

Mengapa kah kau gunakan pikiran mu dengan cara-cara yang bertentangan dengan kepentingan mu untuk berhasil? (Mario Teguh – When You Believe)

OPEN “Terbuka” Lepaskan pribadi Anda dari hal-hal yang membekukan, keterbukaan akan membawa hati menjadi damai, “serahkan hati kita pada kebaikan”, bebaskan diri Anda dari tekanan-tekanan yang menghambat diri Anda untuk maju. Hanya ada satu keberhasilan – yaitu bebas melakukan sesuatu yang kita sukai.

(Mario Teguh – Genie In the Bottle)

Bila Anda menyukai diri Anda sendiri, maka Anda akan menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain dan orang lain akan lebih menyenangkan bagi Anda.

Sahabat Super yang santun.. Jika ada pribadi yang menganggap keberhasilannya karena dirinya sendiri, maka dia lupa 2 hal : Yang pertama : lupa jika kesungguhan kita untuk keberhasilan orang lain, Yang kedua : lupa jika bantuan orang lain yang dapat membuat kita lebih besar. Jangan pernah meminta lebih besar dari kepantasan untuk memberi.berikanlah lebih dari rencana yang di berikan kepada kita, dengan datang lebih awal ,bekerja lebih berkwalitas dari yang di tuntutkan.

Dari MARIO TEGUH

Persahabatan adalah penjamin kualitas kebersamaan Seorang sahabat tidak memiliki kepentingan lain dari kita, kecuali membantu kita menjadi pribadi yang berbahagia dengan pilihan-pilihan baik kita Seorang sahabat adalah seorang rekan yang mengenal lagu-lagu keberanian di hati Anda dan yang kemudian dengan penuh kasih menyanyikan lagu-lagu itu saat Anda berkecil hati Setiap orang mungkin bisa mendengar yang Anda katakan, tetapi sedikit sekali yang betu-betul mendengarkan, dan hanya seorang sahabat yang mampu mendengar yang tidak Anda katakan. Dan dengannya dia memberikan – bahkan yang tidak Anda minta

Beranikanlah untuk memperbarui diri, karena tidak mungkin sebuah pribadi yang lama berhak bagi sesuatu yang baru. Mulai hari ini, marilah kita bersungguh-sungguh untuk mengganti setiap dan semua cara kita yang tidak sesuai lagi bagi kebesaran yang kita inginkan bagi diri kita sendiri.

Bila banyak dari yang Anda inginkan belum mengambil bentuk nyatanya yang menjadikan kehidupan Anda lebih utuh, dan bila banyak dari keinginan Anda hanya menjadi penyemangat bagi Anda untuk merajut lebih banyak keinginan baru, maka Anda harus tulus menerima bahwa ada yang harus diperbarui.

Sadarilah bahwa, Tidak semua keinginan untuk menjadi, disertai dengan upaya membangun kepantasan untuk menjadi.

Maka pertanyaannya kepada Anda, Apakah yang sedang Anda kerjakan hari ini adalah upaya bernilai yang akan menjadikan Anda pantas menerima yang Anda minta?

Ataukah Anda sedang bekerja untuk menunggu waktu pulang? Jangan heran, karena ada di antara kita yang ketidak-sabarannya bukanlah terhadap lambatnya reaksi pasar atau kekurang-sigapan organisasinya, tetapi terutama terhadap lambatnya kedatangan akhir minggu ini.

Sebagian dari kita sedang tidak sabar untuk membangun hasil-hasil super dalam pekerjaan kita, dan sebagian lagi sedang tidak sabar untuk menghidari pekerjaan.

Mereka berbeda, tetapi mereka memiliki kesamaan yang akut; yaitu keduanya menginginkan keberhasilan melalui pekerjaan mereka. Yang satu menginginkan keberhasilan melalui yang dikerjakannya, dan yang satu ini menginginkan keberhasilan dari pekerjaan yang kalau bisa dihindarinya.

Ada beberapa dada yang menjadi sesak karena membaca ini. Tetapi berbahagialah, karena itu tanda bahwa Anda mengenali keharusan untuk memperbaruhi diri. Pribadi yang baru berhak bagi yang baru.

Segera setelah mengerti, berlakulah seperti yang Anda mengerti. Karena, bila yang Anda lakukan tidak berhubungan dengan pengertian baik, untuk apakah yang Anda lakukan itu? Sahabat-sahabat Indonesia yang super, Saya berharap bahwa sapa sederhana saya ini dapat hadir bersama Anda dalam kesibukan Anda hari ini.

Ingatlah bahwa kesibukan Anda tidak boleh hanya berkenaan dengan pengumpulan uang, tetapi juga termasuk kesibukan untuk menjadikan diri Anda sebagai pencerah bagi kehidupan mereka yang penting dalam kehidupan Anda.

Sudahkah Anda menelepon istri atau suami Anda di tempat kerjanya atau di rumah? Teleponlah, dan katakan bahwa Anda menelepon hanya untuk mengatakan terima kasih atas kesediaannya untuk menua bersama Anda. Beritahulah dia bahwa Anda menyayanginya. Katakanlah bahwa Anda kangen, dan ingin segera memeluknya. Mintalah maaf bila Anda belum bisa membuatnya merasa sebagai yang paling penting dalam hidup Anda. Anda dilahirkan dengan hati yang lembut, gunakanlah.

KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF

Dearest Super Members yang baik. Mudah – mudahan di akhir pekan ini sahabat semua berada ditengah kasih sayang keluarga yang membahagiakan, dengannya perasaan damai yang indah menyertai Anda sekeluarga menuju cita-cita bersama.

Beberapa waktu belakangan ini, perhatian saya terbagi dengan peran-peran kepemimpinan di negara tercinta ini. Isu ini sangat menarik untuk diikuti dan ditelaah karena melibatkan banyak orang dan biaya didalamnya.

Dari apa yang telah saya pelajari, paling tidak ada dua hal yang mendorong kepemimpinan seseorang berjalan dengan efektif, yang pertama adalah memastikan orang untuk bertanggung jawab terhadap hidupnya, dan yang kedua menciptakan visi dan/atau program-program yang orang mau mencapai bersama dengannya.

Untuk itu, ijinkan saya dibawah ini menuliskan kembali nasihat-nasihat dari Pak Mario mengenai kepemimpinan dalam hidup ini.

Kepemimpinan adalah sebuah proses mempengaruhi individu atau organisasi untuk mencapai urutan hasil dalam urutan tindakan yang setia pada sebuah misi. Seorang pemimpin adalah seorang penjual harapan, melalui kejelasan visi dan kekuatan misi. Maka pastikanlah bahwa tindakan kita tidak berorientasi kepada kepentingan yang bukan bagi kebaikan yang kita pimpin.

Mohon Anda sadari bahwa, bagi seorang pemimpin – menjadi yang dipercaya adalah hadiah yang lebih baik dari apapun. Kepercayaan yang diberikan oleh anggota organisasi kepada seorang pemimpin datang dari perasaan terpastikan dalam mempercayakan proses memimpin pencapaian tujuan bersama kepadanya.

Untuk itu, siapapun akan mencapai kepantasan sebagai seorang pemimpin, bila ia membiasakan dirinya untuk meninggikan orang lain, tanpa merendahkan dirinya sendiri.

Dengannya, bila Anda berada dalam kendali yang baik, maka mereka akan merasa tenang dalam kepemimpinan Anda, lalu kemudian bila mereka merasa lebih percaya diri dalam kepemimpinan Anda, maka Anda adalah seorang pemimpin yang berwibawa.

Mohon Anda perhatikan bahwa, kewibawaan kepemimpinan seseorang dapat didefinisikan sebagai pesona pribadi yang memenangkan persetujuan orang lain, untuk bersikap dan berlaku sebagaimana yang dipimpinnya.

Dengannya, semua pemimpin yang berhasil membangun kebesaran organisasinya, selalu adalah pemimpin yang dekat dengan mereka yang dipimpinnya.

Sadarilah bahwa dia yang tidak melakukan hal-hal yang mendatangkan kebaikan bagi mereka yang dipimpinnya, telah menunda tercapainya kebaikan yang menjadikan hak mereka. Maka kembangkanlah praktik-praktik kepemimpinan dan proses operasi yang membangun keceriaan dan keleluasaan untuk mencapai hasil lebih.

Marilah kita menjadi pribadi-pribadi yang perbedaannya adalah kemampuan untuk mengubah yang biasa, menjadi luar biasa.

Perhatikanlah, sebuah organisasi tidak mungkin bisa bergerak mendekati bentuk kreatifitas apapun, bila sang pemimpin menjadikan dirinya sendiri sebagai contoh utama dalam penolakan cara-cara yang lebih baik.

Dari mana memulainya?

Seperti dalam hal apapun,

mulailah dari diri Anda sendiri.

Anda adalah seorang khalifah.

Super member terkasih, demikian beberapa nasihat yang pernah Pak Mario sampaikan, saya mengajak Anda untuk berbagi disini mengenai kepemimpinan yang anda amati dilingkungan anda, mudah-mudahan dengannya kebaikan yang kita sampaikan lebih menyentuh lebih banyak orang.

 

2 responses to “Inspirasi

  1. thanks ya bro, blog kamu hebat bangeeet
    sangat hebat

    saya merasa bangga sama kepribadia kamu
    🙂

  2. terima kasih.semoga dengan membaca blog ini saya bisa merubah keperibadian lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s